Film Televisi “RETAK” adalah sebuah karya audiovisual yang menggambarkan perjalanan emosional karakter utama melalui perubahan dan konflik. Dalam film ini, peran Editor memiliki dampak signifikan terhadap narasi dan pengalaman penonton. Dalam laporan ini, saya mengeksplorasi peran Editor sebagai mediator antara sutradara, sinematografer, dan penonton. Saya membahas bagaimana Editor memilih dan mengatur adegan, memperkuat pesan visual, dan mengatur ritme naratif. Selain itu, saya menggali aspek teknis seperti pemilihan transisi, penggunaan efek khusus, dan penyuntingan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Editor bukan hanya sekadar “penyunting,” tetapi juga seorang narator yang berkontribusi pada makna film secara keseluruhan. Peran mereka dalam menggabungkan elemen visual dan audio menjadi sebuah cerita yang koheren dan menggugah emosi sangat penting. Saya juga membahas tantangan yang dihadapi oleh Editor, termasuk batasan waktu, kolaborasi dengan tim produksi, dan keputusan kreatif. Dalam konteks Ilmu Komunikasi, laporan ini menggambarkan bagaimana komunikasi visual melalui film dapat mempengaruhi persepsi dan menyampaikan pesan yang diinginkan kepada penonton.
Cover Skripsi/Laporan Tugas Akhir
Skripsi / Laporan Tugas Akhir
Bordwell, D. (2017). Film Art An Introduction. New York: McGraw-Hill Education.
Bowen, C. J. (2018). Grammar of the Edit Fourth edition. New york: Routledge.
Darmawan, I. D. (2020). PRODUKSI VIDEO DAN TELEVISI. Denpasar: Lintang Pustaka Utama.
Dian Retno Ariani & Fandy Neta, S. M. (2021). Penerapan Teknik Color Grading dan Musik Scoring Pada Tahap Paska Produksi Film Horor “Waktu Terlarang”. Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), 1.
Fahmy, S. (2014). Visual Communication Theory and Research: A Mass Communication Perspective. New York: PALGRAVE MACMILLAN.
Field, S. (2017). Screenplay: The Foundations of Screenwriting. London: Delta Trade Paperback.
Kahn, M. (2021). The Art of Film Editing: A Guide for the Dramatic Storyteller. Waltham: Focal Press.
Layden, B. F. (2023). The Invisible Art of Literary Editing. London: Bloomsbury Academic.
Lenos, M. R. (2020). An Introduction to Film Analysis: Technique and Meaning in Narrative Film. London: Bloomsbury Academic.
Millar, K. R. (2014). The Technique of Film Editing Second Edition. Oxford: Focal Press.
Murch, W. (2021). Film Editing: The Art of the Invisible. New York: Focal Press.
Murti, D. (2017). Editing Film. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman.
Pratista, H. (2017). Memahami Film Edisi Kedua. Sleman: Montase Press.
Rahman, S. (2021). Buku Pintar Video Editing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Susan Spohr, B. C. (2019). The Guide to Managing Postproduction for Film, TV, and Digital Distribution: Managing the Process 3rd Edition. London: Routledge.
Thompson, D. B. (2020). The Language of Cinema: A Visual Introduction. New York: McGraw-Hill Education.